Sinopsis ‘KKN di Desa Penari’ : Film Viral Terlaris Sepanjang Masa

Sinopsis ‘KKN di Desa Penari’ : Film Viral Terlaris Sepanjang Masa

Film horror KKN di Desa Penari merupakan sebuah film horror Indonesia yang diangkat dari kisah nyata enam mahasiswa yang diteror dengan kejadian mistis di sebuah desa terpencil. Film ini diangkat dari cerita seseorang yang dibagikan melalui Twitter oleh akun Simple Man pada tahun 2019 silam. Film KKN di Desa Penari disutradarai Awi Suryadi yang digarap rumah produksi MD Pictures berkolaborasi dengan Manoj Punjabi sebagai produser.

Sekedar informasi, film KKN Desa Penari mengalami dua kali penundaan tayang akibat pandemic Covid-19. Kisahnya ditulis oleh Gerald Mamahit dan Lele Laila itu tlah digarap sejak 2019 dan akhirnya tayang di bioskop sejak 30 April 2022. Film KKN di Desa Penari dinobatkan menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa usai menembus 7 juta penonton lebih sejak awal dirilisnya.

Sinopisi KKN di Desa Penari

Diceritarakan terdapat banyak kejadian mistis yang dialami sekelompok mahasiswa ketika melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa terpencil bernama Desa Penari. Keenam mahasiswa tersebut bernama Nur yang diperankan oleh Tissa Biani, Widya (Adinda Thomas), Ayu (Aghniny Haque), Bima (Achmad Megantara), Anton (Calvin Jeremy) dan Wahyu (Fajar Nugraha). Diceritakan dalam film, kegatan yang mereka lakukan awalnya berjalan lancar.

Tetapi lama kelamaan sejumlah kejadian mistis pun muncul. Yaitu dimulai oleh Nur yang merasa ketakutan akan hal mistis, ditambah lagi Widya yang kesurupan menari. Selanjutnyam, terror kemudian dirasakan anggota kelompok lain misalnya Bima yang melakukan hal aneh. Dia pergi diam-diam meninggalkan penginapan dan Ayu tidak pernah bisa berhenti menari.

Di suatu ketika, Nur kesurupan roh seorang nenek yang megatakan bahwa salah satu dari mereka ada yang malangar aturan desa tersebut.  Serentetan pengalaman horror tersebut menghantui mereka hingga program KKN itu berakhir tragis. Bima dan Ayu diceritakan akhirnya meninggal dunia, setelah sukma mereka sempat tertahan di alam gaib karena ditahan oleh Badarawuhi (Aulia Sarah). Diketahui Bima dan Ayu memang melakukan kesalahan fatal.

Tragedy dimulai ketia Bima jatuh cinta pada Widya. Bima diceritakan mencoba memakai ilmu hitam untuk mendapatkan Widya. Bima melakukan perjanjian dengan bangsa jin. Awalnya jin itu masuk dalam mimpi Bima. Dalam mimpi tersebut, Bima melihat Widya dililit oleh ular besar dan ada seorang wanita cantik di sebelahnya yang tak lain adalah Badarawuhi.

Badarawuhi kemudian meminta Bima memberikan gelang mustika yang disebut-sebut bisa melindungi Widya dari marabahaya. Padahal gelang tersebut adalah jebakan Badarawuhi. Bantuan  Untuk menyerahkan gelang itu, Bima minta bantuan pada Ayu. Tetapi Ayu yang naksir pada Bima tidak memberikan gelang itu pada Widya. Badarawuhi pun memanfaatkan situasi tersebut dnegan mendatangi Ayu.

Kemudian Badarawuhi memberikan selendang pemikat agar Ayu bisa menaklukan Bima. Hal  inilah yang menjadi kesalahan fatal Ayu karena mengadakan perjanjian dengan Badarawuhi. Ayu pun diberi tugas oleh Badarawuhi untuk menyerahkan gelang tersebut pada Widya. Ayu pun menyanggupi tugas dari Badarawuhi tersebut. Dengan selendang pemberian Badarawuhi, akhirnya Bima pun takluk pada Ayu.

Yang menjadi kesalahan Fatal Bima dan Ayu adalah mereka terbawa hawa nafsu melakukan hubungan lintim layaknya suami istri di dalam sinden atau kamar mandi penari di tapak tilas. Akibat dari perbuatan tak senonoh itulah yang membuat  roh Bima dan Ayu terjebak di alam gaib ditahan Badarawuhi akibat perjanjian yang tdak diketahui sampai kapan berakhir.

 

general Lifestyle