Review Metode Sambungan Pipa dari Rucika

Review Metode Sambungan Pipa dari Rucika

Rucika dikenal sebagai salah satu produsen perpipaan yang namanya sudah besar di Indonesia, memproduksi berbagai jenis atau tipe pipa hingga berbagai komponen pelengkapnya dengan kualitas yang selalu terbaik, menjadi yang paling kuat, dan tahan terhadap kemungkinan kebocoran pipa. Pipa rucika bisa kamu dapatkan di toko bangunan yang paling dekat dengan rumahmu dengan harga yang bersahabat dan produk yang bermacam-macam. Termasuk diantaranya pipa PVC atau yang lebih dikenal dengan pipa plastic, kemudian ada sambungan pipa, dan lem yang digunakan untuk merekatkan pipa. Pipa PVC menjadi kegemaran mereka untuk digunakan pada saluran air bersih maupun untuk pipa saluran buangan. Ciri-ciri yang menonjol dari pipa PVC selain terbuat dari material plastik, kamu akan dimudahkan dalam proses penyambungannya karena kamu bisa menggunakan lem ruglue dari Rucika sebagai perekatnya.

Pipa PVC sendiri masih dibedakan lagi menjadi beberapa tipe, yang untuk menyambungkannya kamu bisa menggunakan teknik berikut ini.

Tipe-Tipe Sambungan Pipa Rucika

Kebutuhan akan pipa harus disesuaikan dengan fungsi kerjanya, tak bisa dipungkiri kadang kita dihadapkan pada kondisi pipa yang berbeda bahan ataupun ukuran panjang sehingga membutuhkan penyambungan. Yang mana terdapat beberapa teknik atau tipe sambungan berikut ini agar bisa kamu lakukan pada pipa yang kamu miliki di rumah.

·        Sambungan Pipa Menggunakan Cincin Karet (Rubber Ring)

Sesuai dengan namanya rubber ring artinya penyambungan dilakukan menggunakan cincin karet. Pemasangannya pun sangat mudah dibanding dengan tipe sambungan pipa yang lain. Yang mana yang kamu perlukan hanya komponen rubber ring atau cincin karet dan tidak membutuhkan seseorang yang ahli atau alat khusus untuk melakukan pemasangan tersebut. Cara pemasangannya pun mudah, pada socket pipa yang ada di antara pipa PVC dan juga pipa PVC-O terdapat rubber ring yang kemudian bisa kamu oleskan pelumas yang terbuat dari air untuk pemasangannya.

·        Sambungan Pipa Menggunakan Panas (Heat Fusion)

Pada intinya sambungan ini membutuhkan panas untuk menyambungkan pipa dengan melelehkannya. Sehingga nantinya sambungan akan menjadi satu kesatuan pipa yang utuh. Caranya pun ada beberapa macam yang bisa kamu pilih yang mana diantaranya ada poly fusion buat pipa PPR, kemudian butt fusion buat PE, selanjutnya ada electro fusion untuk segala macam pipa PVC. Kekurangan dari tipe ini adalah harus selalu mempergunakan listrik untuk melelehkannya sehingga tidak bisa dilakukan sembarang orang yang bukan teknisi perpipaan.

·        Sambungan Pipa Secara Mekanik (Mechanical joint)

Teknik atau tipe ini paling bisa diaplikasikan untuk berbagai macam jenis pipa. Prosesnya kamu hanya membutuhkan baut berulir yang bertindak sebagai penyambung pipa. Namun untuk melakukannya ada baiknya kamu hubungkan terlebih dahulu pipa dengan fitting yang berulir kemudian sambungkan dengan pipa yang mempunyai ulir juga. Selain itu kamu juga bisa menggunakan baut yang dipadukan dengan fitting flange adaptor atau yang dikenal dengan stub end.

·        Sambungan Pipa Menggunakan Lem atau Chemical Joint

Nah tipe sambungan pipa inilah yang tentunya paling banyak dan gampang untuk dilakukan. Kamu pun hanya membutuhkan solvent cement milik Rucika yaitu RUGlue, sayangnya penyambungan dengan tipe ini hanya bisa dilakukan pada pipa PVC saja bukan untuk PE maupun PPR ataupun PA. Le mini bisa kamu temukan diberbagai toto bangunan maupun website rucika khususnya. Ada beberapa ukuran yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

 

Nah itulah beberapa teknik atau tipe sambungan pipa yang umum dilakukan baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk kebutuhan usaha. Namun tentunya untuk mendapatkan pengetahuan lain seputar pipa kamu pun juga bebas akses www.rucika.co.id, yang mana selain pengetahuan kamu bisa update mengenai harga dan berbagai katalog seputar perpipaan yang diproduksi oleh rucika sebagai produsen pipa yang berkualitas dan terdepan.

general