PERHATIKAN PERSYARATAN TRANSAKSI DAN PEMBELIAN DI PADI UMKM SETELAH ANDA BERGABUNG (I)

PERHATIKAN PERSYARATAN TRANSAKSI DAN PEMBELIAN DI PADI UMKM SETELAH ANDA BERGABUNG (I)

 

Dalam upaya pengembangan UMKM melek digital di tahun 2020 BUMN mencetuskan Platform inisiasi Kementerian BUMN dan BUMN lainnya yang bernama Pasar Digital UMKM. Semenjak peluncurannya dengan topik pengadaan barang dan jasa BUMN serta jual barang dan jasa BUMN menjadi tombak kebahagiaan UMKM yang sangat antusias untuk bergabung di dalamnya.

Platform Digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini, memiliki jenis usaha B2B dan B2C. PaDi UMKM B2B B2C telah dijelaskan sebelumnya lengkap dengan beberapa Langkah-langkah yang dapat digunakan jika penjual/pelaku usaha UMKM ingin bergabung. Tetapi setelah toko Anda berhasil tergabung di pengadaan barang dan jasa BUMN ini, pastikan Anda memperhatikan Syarat transaksi dan bergabung di PaDi UMKM berikut ini.

Syarat transaksi dan pembelian yang Pertama harus diperhatikan ketika telah bergabung dengan platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini adalah pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh PaDi UMKM, yakni pembeli yang melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh pihak pembeli, selanjutnya PaDi UMKM akan memberikan dana yang telah diterimanya kepada pihak UMKM yang laku jika transaksi sudah selesai.

Syarat transaksi dan pembelian yang Kedua harus diperhatikan ketika telah bergabung dengan platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini adalah saat melakukan pembelian produk, pembeli harus menyetujui bahwa pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi atau deskripsi dari kesemua produk meliputi warna, kemudian kualitas, bahkan fungsi dan sebagainya. Selanjutnya sebelum tawaran dibuat ataupun komitmen dibuat. Lalu, pembeli juga harus mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di situs PaDi UMKM tergantung kepada monitor computer dan atau perangkat milik pembeli. PaDi UMKM telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan bahwa warna dalam foto-foto yang ditampilkan disitus pengadaan barang dan jasa BUMN ini muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada situs akan akurat. Selanjutnya, PaDi UMKM tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas produk dari UMKM kepada pembeli.

Syarat transaksi dan pembelian yang Ketiga harus diperhatikan ketika telah bergabung dengan platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini adalah pengguna masuk ke dalam hubungan kontraktual yang mengikat secara hukum pada saat melakukan transaksi kepada PaDi UMKM.

Syarat transaksi dan pembelian yang Keempat harus diperhatikan ketika telah bergabung dengan platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini adalah pembeli memahami dan menyetujui bahwa keterlambatan pembayaran dan.atau pengenaan biaya tambahan yang disebabkan adanya perbedaan bank yang digunakan oleh pembeli dan atau biaya untuk melakukan pembayaran dengan bank yang digunakan secara resmi oleh PaDi UMKM adalah menjadi beban dan tanggung jawab pembeli.

Syarat transaksi dan pembelian yang Kelima harus diperhatikan ketika telah bergabung dengan platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini adalah pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stock produk merupakan tanggung jawab UMKM yang menawarkan produk tersebut. Terkait ketersediaan stok produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stock produk kosong maka UMKM akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada pembeli.

general