Mengenal Sejarah dari Lahirnya Bola Voli

Mengenal Sejarah dari Lahirnya Bola Voli

Salah satu cabang olahrag yang dimainkan secara beregu adalah bola voli, jumlah pemain yang memainkan permainan olahraga ini ada 6 orang pemain. Seperti yang di kutip dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Voli ini merupakan bola yang melayang dan juga terbang saat sebelum menyentuh tanah.

Bola voli ini juga termasuk jenis olahraga yang sangat di sukai oleh berbagai lapisan masyarakat, baik untuk anak-anak hingga orang tua, perempuan atau laki-laki, baik untuk yang tinggal di desa dan untuk orang yang tinggal di kota.

Permainan bola voli ini di kalukan dengan melambungkan bola supaya bolanya ini tidak terjatuh ke tanah jadi permainan bola voli ini dilakukan dengan memantul- mantulkan bola.

Jadi dari dari pengertian yang ada di atas bisa kita simpulkan jika permainan bola voli ini merupakan permainan bola yang di pantulkan ke udara, supaya lebih faham lagi yuk kita bahas lagi lebih jelas mengenai olahraga yang satu ini.

 

Permainan Bola Voli

Dalam permainannya bole voli ini dilakuakn dalam lapangan yang memiliki ukuran 18 m x 9 m, yang di batasi dengan menggunakan net. Tinggi net yang ada dalam permainan bola voli ini yaitu 2,43 m untuk para pemain putra dan 2,24m untuk pemain putri.

Peraturan yang paling pertama dalam bermain bola voli ini awalnya adalah service yang dilakukan oleh regu yang menyerang setelah dilakukan pengundian pengundian untuk regu mana yang lebih dulu menyerang.

Service yang dilakuakn ini harus bisa melewati net dan bolanya juga harus bisa diterima oleh regu lawan, setiap regu hanya boleh memainkan bola maksimal sebanyak 3 kali. Bola tersebut harus dikembalikan lagi kelapangan lawan sambil berusaha memastikan pertahanan dari lawan. Jika bola telah gagal di kembalikan oleh regu server makaa poin satu akan diberikan untuk regu penerima.

Lalu jika bola gagal untuk dikembalikan maka poin ini akan didapatkan untuk lawan, semuanya disesuaikan dengan posisi bola mati. Untuk memenagkan permainan saat bermain voli dalam satu set regu ini harus memenagkan poin 25 untuk satu pertandingan.

Saat bermain bola voli Anda ini harus memperhatikan dan mempunyai beberapa titik dasar yang sebaiknya dikuasai oleh seorang pemain, paling tidak seorang pemain ini harus bisa service, block, smash, dan passing.

 

Sejarah Bola Voli

Olahraga yang satu ini pertama kali diciptakan oleh William G. Morgan di tahun 1895. William G. Morgan ini merupakan seorang Pembina untuk pendidikan jasmani di Young Men Christian Association (YMCA) yang ada di kota Holyake, Massachusetts, Amerika Serikat.

Awalnya permainan bola voli ini disebut dengan ‘Minonette’, permainannya in hampir sama dengan badminton. Lalu William G. Morgan kembali melanjutkan idengan untuk mengembangkan jenis olahraga yang satu ini supaya bisa jadi salah satu cabang olah raga yang bisa dipertandingkan.

Setelah berkembang nama permainan ini kemudian berganti jadi volley ball yang artinya mem- volley bola secara bergantian. Permainan bola voli ini masuk ke negara Indonesia mulai tahun 1928 yang di perkenalkan ileh guru- guru dan juga serdadu belanda.

Di negara Indonesia sendiri pertandingan bola voli ini pertama kali diadakan saat ada acara Pekan Olahraga Nasional (PON) ke II yang di selenggarakan di tahun 1952. Setelah itu kemudian di bentuklah sebuah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PVBSI) pada tanggal  22 Januari yang diketuai oleh W.J. Latutemen.

 

Uncategorized