Kumpulan Doa Nabi Yusuf Beserta Artinya

Kumpulan Doa Nabi Yusuf Beserta Artinya

Ngomong-ngomong soal nabi yang berwajah tampan, pastinya pikiran kita akan langsung tertuju pada sosok Nabi Yusuf bukan? Ya, Nabi Yusuf memang dikaruniai oleh Allah SWT wajah tampan dengan tubuh yang tegap.

Nah, sebelum membahas seputar doa Nabi Yusuf, ada baiknya jika kita mengenal dulu biografinya. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Profil Nabi Yusuf

Nabi Yusuf AS adalah putra ke-7 dari 12 putera dan puteri dari  Nabi Yaqub AS dan Rahil (istri Nabi Yaqub).  Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa Nabi Yusuf dikaruniai wajah tampan dan bertubuh tegap, sehingga kerap membuat kaum hawa tergila-gila kepadanya.

Kisah Nabi Yusuf banyak disebutkan dalam Al Quran surat Yusuf. Turunnya surat Yusuf tersebut dikarenakan kaum Yahudi meminta kepada Rasulullah SAW untuk menceritakan kisah-kisah Nabi Yusuf dimasa lampau.

Adapun mengenai bunyi dari surat Yusuf seperti berikut: Allah SWT berfirman: “Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Quran ini kepadamu, dan sesungguhnya kamu sebelum (Kami mewahyukannya) adalah termasuk orang-orang yang belum mengetahui”. (QS Yusuf ayat 3).

Kisah Singkat Nabi Yusuf

Nabi Yusuf dan adiknya Bunyamin adalah anak yang paling disayang oleh Nabi Yaqub dibanding saudara-sadarinya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Nabi Yusuf dan Bunyamin terlahir tanpa merasakan kasih sayang dari sang ibu. Pasalnya, sang ibu meninggal dunia ketika melahirkan Bunyamin.

Melihat perlakuan Nabi Yaqub yang berbeda, lantas menimbulkan rasa iri dari saudaranya kepada Nabi Yusuf dan Bunyamin. Suatu hari, mereka berkumpul dan membuat rencana untuk mencelakakan Nabi Yusuf dengan membuangnya kedalam sumur.

Lalu mereka meminta izin kepada sang ayah (Nabi Yaqub) untuk mengajak Nabi Yusuf jalan-jalan ke suatu tempat. Namun, Nabi Yaqub tidak langsung mempercayai omongan saudara-saudara Nabi Yusuf. Kisah ini pun telah diabadikan dalam QS yusuf ayat 11 yang berbunyi:

“Mereka berkata: Wahai ayah kami, apa sebabnya kamu tidak mempercayai kami terhadap Yusuf, padahal sesungguhnya kami adalah orang-orang yang menginginkan kebaikan baginya”.

Kumpulan Doa Nabi Yusuf

1. Doa Nabi Yusuf Untuk Terhindar Dari Hasrat Hawa Nafsu

Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaihina wa akun minal jahilin

Artinya: “Ya Tuhanku, penjara lebih aku senangi daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

2. Doa Nabi Yusuf Agar Terhindar Dari Ajakan Perbuatan Maksiat

Ma’adzallah innahu rabbii ahsana matswaaya, wainnahu laa yuflihudza-dzaalimin

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik. Sesungguhnya orang-orang yang zalim tiada akan beruntung“ (QS Yusuf ayat 23).

3. Doa Nabi Yusuf Untuk Dimudahkan Dalam Segala Urusan

Allohumma ya syahidan ghairo gha-ibin wa ya qoriban ghairo ba’idin wa ya ghaliban ghairo maghlubin ij’alli min amri farajan wa makhrojan wazuqni min haitsu la yahtasibu

Artinya: “Ya Allah, wahai yang Maha Menyaksikan dan tidak absen, wahai yang dekat dan tidak jauh, wahai yang Menang dan tidak kalah, jadikanlah bagiku suatu kelapangan dan jalan keluar dari urusanku, dan karuniailah aku rezeki dari arah yang tidak aku sangka-sangka.“

4. Doa Nabi Yusuf Ketika Bercermin

Allahumma kamaa hassanta khaliqii fa hassin khuliqi

Artinya: “Ya Allah sebagaimana Engkau telah cipatakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

 

general