Kontrakan Kamu Sempit? Inilah Tips Merapikan Ruangan Supaya Lega dan Nyaman

Kontrakan Kamu Sempit? Inilah Tips Merapikan Ruangan Supaya Lega dan Nyaman

Setiap orang tentu memiliki keinginan bertempat tinggal dirumah yang nyaman dan asri, dengan kondisi rumah yang nyaman maka bebas bergerak dan dan akan menjadi tempat tinggal yang ideal tentunya bagi keluarga

Akan tetapi tidak mudah mendapatkan rumah apa yang di impikan, termasuk mendapatkan kontrakan murah atau rumah yang ideal dan nyaman. Butuh ikhtiar yang sungguh-sungguh tentunya.

Jika saat ini kamu tinggal di sebuah rumah yang tempatnya kurang luas, kamu harus memahami bahwa ada cara untuk menjadikan rumah kontrakan kita menjadi lebih nyaman

Dan kali ini akan dibahas bagaimana cara menjadikan rumah yang sempit menjadi nyaman saat di huni , ketahui inilah Tipsnya

Menyingkirkan barang yang tidak diperlukan

Barang – barang yang tidak dibutuhkan hendaknya disingkirkan, karena itu jika dibiarkan akan membuat rumah penuh dengan pemandangan yang tidak baik.

Salah satu contoh  berbagai macam kelengkapan dapur yang memang jarang digunakan, namun tetap disimpan mungkin “untuk jaga-jaga” seperti panci-panci dan alat masak dalam berbagai macam ukuranbisa jadi banyak lusinan gelas untuk tamu yang menumpuk karena tidak terpakai, akan membuat rumah penuh

Apalagi barang pribadi yang terlihat disimpan karena mengandung  “kenangannya” misalnya buku-buku catatan ketika masih sekolah, pernak pernik yang didapat dari kado ketika ulang tahun, pakaian-pakaian yang mungkin agak berat menyingkirkan karena memastikan tersimpan tapi ternyata malah membuat rumah penuh dan sesak.

Nah disinilah waktunya kamu merapikan barang barang yang sekiranya tidak digunakan tadi untuk disingkirkan agar tidak membuat rumah sesak dan penuh

Buat area rumah yang terpisah

Rumah yang sempit  setidaknya menggunakan satu area rumah sebagai multifungsi sehingga tidak banyak ruangan yang terpisahkan oleh tembok dan tentu rumah akan terlihat rapi.

Rumah secara umum menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga, atau ruang keluarga plus dapur dan ruang makan hal ini sudah sering kita lihat.

Kamar-kamar biasanya jarang punya kamar mandi yang tersendiri dan area lebih yang bisa digunakan untuk menyimpan barang baik pakaian dan bisa digunakan sebagai area kerja juga.

Namun membagi ruangan menjadi berbagai macam ruangan itu sangat penting untuk menentukan dengan jelas fungsi dari masing-masing ruangan tersebut.

Setidaknya jika membuat ruang tamu, jangan gunakan ruangan itu untuk yang lainnya, misalkan untuk ruang makan atau ruang masak, jadi harus khusus

Kamu juga bisa melakukan pekerjaan di meja khusus kerja, jangan sebaliknya dimeja makan, tentu akan mengganggu ruang gerak.

Walaupun ruangannya tidak begitu luas, Pastikan membagi ruangan yang berbeda sesuai fungsinya masing-masing , Dapat di sekat menggunakan almari, dan dicat dengan warna yang berbeda, dan partisi non permanen yang lainnya.

Gunakan lemari penyimpanan

Salah satu cara paling bagus  untuk menata rumah tidak begitu luas adalah memaksimalkan ruangan yang disediakan almari untuk menyimpan barang

Misalnya di ruang keluarga Kamu bisa menggunakan lemari yang berfungsi sebagai tempat tv dan dvd player, dan sebagainya, laci-laci lemari itu bisa Kamu gunakan untuk menyimpan barang yang lain yang sekiranya terlihat ramping dan rapi.

Pilih juga coffee table yang di bagian bawahnya ada lacinya (bisa beli barang jadi atau beli laci sendiri).

Bagian kolong tempat tidur juga bisa diisi dengan laci-laci untuk menyimpan pakaian, selimut, ganti sprei dan sarung bantal, bahkan bisa untuk wadah sepatu.

Untuk di dapur sebaiknya  desain dapur secara vertikal dengan menempatkan lemari-lemari gantung untuk menyimpan alat masak dan bahan makanan kering.

Lantai jangan digunakan menyimpan barang

Ya, tentu saja Kamu harus meletakkan lemari, karpet, rak-rak, meja kursi dan sebagainya di atas lantai. Tapi maksud dari poin ini adalah jangan jadikan lantai sebagai tempat menyimpan barang.

Kebiasaan buruk yang membuat ruangan jadi tampak penuh dan berantakan adalah menyimpan mainan di atas lantai tanpa ditata, meletakkan sepatu tidak pada raknya, menaruh majalah atau koran yang habis dibaca tidak di atas meja atau rak buku, menumpuk pakaian kotor di lantai di pojokan dan bukannya dimasukkan ke keranjang.

Manfaatkan ruang vertikal

Katika ruangan yang tidak terlalu luas membatasimu untuk mendekorasi ruangan atau bahkan menyimpan barang, Kamu masih bisa memanfaatkan ruang secara vertikal alias ke atas.

Pilih rak-rak yang lebih tinggi untuk meletakkan koleksi pajangan atau menyimpan koleksi buku, majalah, dan juga rekaman musikmu, pilih lemari yang lebih tinggi untuk memiliki  kapasitas lemari yang lebih banyak, atau bisa juga menempatkan barang di atas lemari misalnya kasur cadangan, koper, dan sebagainya.

Kalau punya dua anak kecil yang harus berbagi kamar, Kamu bisa memilih menggunakan tempat tidur tingkat dibandingkan dua tempat tidur kecil yang bisa membuat ruangan penuh.

 

 

Properti