4 Cara Mendidik Anak Dengan Nilai-Nilai Agama

4 Cara Mendidik Anak Dengan Nilai-Nilai Agama

Salah satu kewajiban sebagai orang tua terhadap anak adalah menanamkan ajaran agama sejak dini. Sehingga dengan demikian sang anak nantinya sudah memiliki saringa /filterisasi untuk membedakan mana sesuatu yang baik dan yang tidak baik, atau bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Maka dari itu, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang 4 cara mendidik anak dengan nilai-nilai agama sejak dini sebagai berikut :

 

Cara mendidik anak yang pertama adalah dengan memberikan nama panggilan yang baik. Karena bagaimanapun nama ini merupakan doa dan harapan dari orangtua demi masa depan anaknya. Oleh karena itu, berilah nama anak anda dengan nama yang bermakna baik. Misalnya dengan memberikan nama yang diambil dari para tokoh Islam, seperti para Nabi, sahabat, dan tokoh-tokoh Islam.

 

  • Ajarkan Konsep Tauhid (Konsep Ketuhanan)

 

Seperti yang diketahui bahwa tauhid (meng esakan Alloh) merupakan dasar dari agama Islam, sehingga hal pertama yang wajib orangtua ajarkan kepada anak perempuannya adalah tentang Alloh SWT. Bahwa Alloh itu merupakan Tuhan yang menciptakan manusia, dunia beserta isinya, dan Alloh itu maha esa. Ajarkan anak untuk mengucapkan Laa Illaha Illalah setiap harinya sehingga anak mulai familiar mendengarkannya.

 

  • Mengajarkan Akhlak Mulia

 

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam seringkali mengajarkan kepada anak-anaknya tentang cara berperilaku yang baik kepada sesama manusia. Dalam hal ini, anda bisa mengajarkannya dengan menceritakannya lewat kisah para nabi maupun dari Al Quran.

 

  • Mengajarkan Ilmu Agama Sejak Dini

 

Cara mendidik anak yang terakhir adalah mengajarkan ilmu agama pada anak anda sejak dini. Bahkan saat usinya masih balita, orangtua harus mulai menanamkan nilai-nilai agama, salah satunya adalah mengajari anak membaca Al- Quran.

 

Untuk mengajari anak membaca Al-Quran anda bisa coba menggunakan Buku Belajar dan Tulis Al-Quran (BTQ). Jika anak sudah menginjak kelas 4 maka anda bisa menggunakan BTQ Kelas 4.

 

Buku Belajar Baca dan Tulis Al – Quran (BTQ) Kelas 4 ini disusun untuk memudahkan anak menguasai kompetensi, membentuk kemandirian, serta belajar aktif dalam memahami dasar-dasar membaca dan menulis tulisan Arab.

sumber dari : https://www.newtimmy.com/

pendidikan